Rabu, 19 Juni 2013

Wadah Kegiatan Mahasiswa (WKM) di UNIV. MOESTOPO banyak pilihannya

WADAH KEGIATAN MAHASISWA (WKM) UPDMB

Di UPDMB ada wadah kegiatan mahasiswa (WKM) bidang kerohanian, kesenian, olahraga, teater, dan penerbitan. 

WKM KOSMIK
WKM Kosmik sebagai wadah kegiatan mahasiswa yang merupakan wahana pengabdian mahasiswa kampus Universitas Moestopo dan tentunya bergerak dibidang musik, akan segera menggelar sebuah event musik bertajuk KOSMIK FEST 2013. Ini adalah event yang telah diadakan untuk keempat kalinya. Festival music ini sendiri akan digelar pada Kamis 13 Juni 2013 berlokasi di Universitas Prof.DR.Moestopo (Beragama), acara inipun terbuka untuk masyarakat umum diluar kampus Moestopo. Menurut panitia, ajang musik ini nantinya akan diramaikan oleh banyak bintang tamu. Untuk saat ini yang telah konfirmed akan main adalah seorang musisi solo Glenn Fredly. Selanjutnya diramaikan juga dengan penampilan dari band - band featuring serta band - band kampus Moestopo, penampilan teater Fikom, dan masih banyak lagi suguhan yang akan ditampilkan oleh WKM Kosmik di KOSMIK FEST 2013 tahun ini.
Tema acara We are Moestopo, We are The Future ini mempunyai dua makna. Yang diartikan sebagai rasa bangga mahasiswa terhadap kampus dan memberikan pesan bagi generasi bangsa bahwa kita adalah generasi penerus bangsa. Acara ini juga bertujuan baik seperti membangun rasa memiliki kampus, sebagai media pemersatu lembaga - lembaga yang ada di kampus, sebagai media yang ingin berbagi ilmu khususnya dibidang musik, dan mempererat hubungan antar mahasiswa baik di dalam maupun diluar Fikom.
Melihat beberapa event KOSMIK FEST yang dibuat oleh WKM Kosmik sebelumnya, yang ramai dan antusias penonton dari dalam dan luar kampus. Maka acara ini diperkirakan juga akan sukses dan bisa mendatangkan banyak orang, juga tujuan acara dan visi misi WKM Kosmik bisa tepat sasaran dan dapat berjalan dengan lancar. Dan masih banyak beberapa pengisi acara yang akan diumumkan untuk meramaikan acara ini nanti. Untuk mengetahui lebih jelas eventKOSMIK FEST 2013 ini bisa ikuti di  :
Facebook                   :  WKM KOSMIK MOESTOPO
Twitter                       :  @KOSMIKMOESTOPO
KanalYoutube           :  KOSMIKCHANNEL

WKM TELEFIKOM FOTOGRAFI
Di kampus Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) ada sebuah kegiatan mahasiswa yang cukup aktif, yaitu Telefikom Fotografi. Telefikom Fotografi merupakan Wadah Kegiatan Mahasiswa (WKM) pecinta fotografi di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) yang berdiri sejak 11 November 1991. Kata 'Tele' sendiri diambil dari jenis lensa, dan 'Fikom' itu adalah Fakultas Ilmu Komunikasi, jadi nama komunitas ini kira-kira berarti para mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komunikasi yang hobi fotografi.
"Kalau dari sejarah awalnya sih dibentuk oleh beberapa mahasiswa Moestopo yang suka fotografi dan hanya 'tongkrongan' biasa, kemudian dibuatlah sebagai Wadah Kegiatan Mahasiswa (WKM). Dan salah satu pencetus atau pendirinya kini menjadi dewan penasihat kami, yaitu Arizona Sudiro," jelas Gerald Dwitama, anggota Telefikom saat ditemui TNOL di kampus Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Kamis (1/11)
Mahasiswa semester akhir ini menjelaskan, Telefikom Fotografi juga sebagai sarana mahasiswa UPDM (B) dalam mempelajari fotografi teknis maupun non-teknis serta pembelajaran mengenai organisasi. Telefikom Fotografi tergabung dalam Persatuan Fotografi Mahasiswa (PANORAMA) yang terdiri dari 22 kampus di wilayah Jakarta dan sekitarnya.
Telefikom Fotografi juga memiliki berbagai macam kegiatan, seperti pameran, seminar dan workshop fotografi, huntingfoto 1 dan hunting foto 2, serta majalah dinding. Selain itu, ada pula Pendidikan dan Pelatihan Fotografi dan Organisasi untuk mengembangkan kemampuan dan regenerasi anggota baru. Kegiatan yang sering dilakukan Telefikom adalah pameran foto.

WKM TEATER
Teater FIKOM adalah sebuah wadah kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam bidang seni teater yang menyatu dalam kelembagaan akademis Fakultas Ilmu Komunikasi universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama). Teater FIKOM lahir pada tanggal 9 November 1990 yang pada setiap tahun Teater FIKOM selalu melahirkan angkatan-angkatan baru sebagai wujud regenerasi Teater FIKOM yang mana nama dari tiap-tiap angkatan identik dengan nama makanan dan minuman.
Hingga saat ini Teater FIKOM telah memiliki 15 angkatan, yang mana nama dari tiap-tiap angkatan identik dengan nama makanan dan minuman, yaitu Angkatan :
"Malam Singkong Jahe" angkatan pendiri.
  1. Gudeg Night
  2. Malam Japas (Jajanan Pasar)
  3. Malam Burjo (Bubur Kacang Hijau)
  4. Malam Tumbal (Tumpeng, Bajigur, dll)
  5. Malam Buaya Koma (Bubur Ayam & Kopi Manis)
  6. Malam Sayat (Sate Ayam & Teh)
  7. Malam Mistique (Mie Goreng, Sirup, Tahu Isi, & Que-Que)
  8. Malam Raste (Nasi Rawon & Es Teh)
  9. Malam Klap Kopasus (Kue Lapis  Kopi Pake Susu)
  10. Malam Topeng (Teh, Onde-onde &  Pisang Goreng)
  11. Malam Ceria Banget (Cendol, Risol, Ager-ager & Bak’mi Anget)
  12. Malam Krayon Warna (Krupuk, Ayam Goreng, Air Tawar & Banana)
  13. Malam Lonceng Pelangi (Lemper, Onde-onde, Cendol Gila, Pepe Lapis, Kue Rangi)
  14. Malam Semut Merah (Semur tahu, Nasi rames, Rujak, Es buah)
  15. Bukit Cahaya ( Bubur Ketan Item , Combro , Teh Anget , Pepaya )
  16. Metamorposis ( Melon Es Tehmanis Mie Goreng Plus Sosis )
  17. Lebah Emas ( Lemper, Bakmi Kuah , Es Tehmanis )
WKM KMK (KESATUAN KELUARGA KRISTEN/KATOLIK)
SEJARAH SINGKAT KELUARGA MAHASISWA KATOLIK UPDM(B)
Keluarga Mahasiswa Katolik adalah  suatu persekutuan mahasiswa katolik yang didasari oleh iman kristiani dan semangat kekeluargaan dalam universitas. Selain itu Keluarga Mahasiswa Katolik juga sebagai wadah menghimpun diri mahasiswa katolik Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dalam kebersamaan, pengembangan kerohanian serta wawasan.
Keluarga Mahasiswa Katolik Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) didirikan pada tanggal 7 Juli 1990. KMK UPDM(B) bersifat religius, universal, indiependen, intelektual, otonom, aspiratif, partisipatif dan demokratis. KMK UPDM(B) mempunyai maksud sebagai organisasi yang menghimpun mahasiswa yang memiliki iman katolik dan bertujuan untuk meningkatkan keimanan keimanan, persaudaraan, kreativitas, wawasan yang luas, integritas, kepedulian sosial serta pengembangan kerohanian.
Anggota KMK UPDM(B) terdiri dari seluruh mahasiswa katolik fakultas kedokteran gigi, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas komunikasi dan fakultas ekonomi.
KMK adalah juga suatu organisasi kerohanian Katolik yang bernaung di bawah Universitas dan PMKAJ (Pastoral Mahasiswa Keuskupan Agung Jakarta), namun tidak terkait dengan partai politik dan organisasi masyarakat manapun. KMK berorientasi pada kegiatan kerohanian katolik dan mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi
KMK muncul untuk menampung dan memberi bentuk kerinduan mahasiswa Katolik di kampus untuk berkumpul dan menjalin persaudaraan dengan sahabat-sahabat mereka dalam Kristus. Sebelumnya, KMK dikenal sebagai ormas mahasiswa Katolik yang kental dengan nuansa organisasinya. KMK berusaha melengkapi itu dengan komunitas yang lebih akrab dan kekeluargaan. Tapi ini tidak membuat KMK lepas dari tanggung jawabnya sebagai bagian dari Gereja Kudus, dalam olah spiritualitas, sosialitas, intelektualitas dan solidaritas kemanusiaan yang utuh. KMK adalah basis, dasar dan ‘dapur’ dalam gerakan orang muda Katolik di lingkungan kampus.
KELEMBAGAAN KMK UPDM(B)
Secara kelembagaan pada awalnya kegiatan mahasiswa Katolik berada di bawah Koordinator Agama Katolik Lembaga Kerukunan Agama Yayasan UPDM(B). Kemudian dengan berkembangnya UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) maka pada dekade 1980-an dibentuk KMK sebagai bagian dari wadah oikumene KMK PMK (Persekutuan Mahasiswa Kristen). Saai ini sehubungan dengan meningkatnya kegiatan KMK, pada tahun 2002 telah mengajukan permohonan kepada rektor agar KMK dapat berdiri sendiri sebagai UKM KMK UPDM(B) dan pada tahun 2003 sudah dapat dipenuhi.
KEGIATAN RUTIN KMK UPDM(B)
  1. Perayaan Natal
Perayaan Natal KMK diadakan pada bulan Januari untuk merayakan kelahiran Yesus Kristus. Kegiatan ini diisi dengan mengadakan misa kudus ataupun aksi sosial di tempat – tempat yang kurang diperhatikan oleh masyarakat. Salah satunya adalah perayaan Natal di LP Cipinang. Selain itu KMK juga berperan aktif dalam perayaan Natal universitas sebagai panitia juga sebagai pengisi acara.
2.      Perayaan Paskah
Perayaan Paskah diadakan pada bulan April dan biasanya mengunjungi panti – panti sosial untuk berbagi kebahagiaan dengan mereka yang terlupakan. 
3.      Ziarek (Ziarah dan Rekoleksi)
Ziarek merupakan acara terbesar yang diadakan KMK setiap tahunnya. Biasanya diadakan ketika liburan semester genap. Ziarek merupakan waktu dimana kita melepaskan kesibukan dan rutinitas kita untuk mengunjungi berbagai goa Maria. KMK pernah mengunjungi goa Maria antara lain : Goa Maria Poh Sarang, Kediri; Goa Maria Sendang Retno Adi, Malang; Goa Maria Laverna, Lampung; Goa Maria Sendangsono; Goa Maria Lawangsih; Goa Maria Tritis; Hati Kudus Yesus Ganjuran, Bantul; dll. 
4.      LKK (Latihan Kepemimpinan Kristiani)
Merupakan bentuk kegiatan kaderisasi KMK UPMD(B) yang diadakan antara rentang bulan Oktober – November untuk memberikan pelatihan kepada anggota baru KMK UPDM(B) dan pergantian pengurus.
Selain itu kegiatan KMK yang dilaksanakan untuk mengembangkan diri antara lain :
-   Spiritualitas : doa, retret, rekoleksi, renungan, ziarah
-  Capacity building : diskusi, seminar, pelatihan keterampilan, LK, diklat
jurnalistik, dll
-   Konsolidasi komunitas : Camping, masak bersama, latihan koor, musik
komunitas
-   Pengembangan komunitas : weekend, refleksi rutin bersama, evaluasi
pengurus dan evaluasi komunitas, dll

 WKM PMK (PERSATUAN MAHASISWA KRISTEN)
Berdiri sejak tahun 1994, kami adalah UKM Persekutuan Mahasiswa Kristen Universitas.Prof.Dr.Moestopo (B), Jakarta. 

WKM MEDIA PUBLIKA
Media Publica, adalah sebuah lembaga pers mahasiswa yang berada lingkup fakultas di Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama). Bukan suatu hal yang istimewa atau visioner ketika media yang kedepannya akan menjadi Media Publica ini awalnya terbentuk,  hanya keresahan untuk menyampaikan pendapat dan kurangnya wadah untuk menampung kreativitas sesuai dengan disiplin ilmu lah yang merupakan alasan terbentuknya Media Publica.
Cikal bakal Media Publica dimulai pada tahun 1979 berawal dari sebuah koran dinding bernama Pendawa –kepanjangan dari pendapat mahasiswa– yang dibentuk oleh lima orang mahasiswa Fakultas Publisistik Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), yaitu Bambang Winarso, Bambang Pujiharto, Toto Suparto (almarhum), Didik Yusrahardi dan Priyanto. Dimana Pendawa berisikan berita dan informasi serta aspirasi mahasiswa Fakultas Publisistik.
Pada saat itu, pers mahasiswa dikenal mempunyai keberanian untuk mengungkapkan realitas dan sekaligus kritik sosial kepada penguasa, tapi tujuan pengadaan Pendawa pada awalnya bukanlah untuk mengungkapkan potret dari realitas sosial atau untuk mengkritik penguasa.
Hingga akhirnya beberapa tahun setelah itu pada tanggal 18 September 1982, tanggal yang secara resmi dianggap sebagai kelahiran Media Publica, terbitlah untuk kali pertama bulletin tanpa nama pada saat Bambang Winarso menjadi Ketua Senat Fakultas Publisistik. Buletin ini merupakan awal setelah Pendawa sebagai terbitan pertamanya tahun 1979 tidak terbit lagi, bulletin tersebut belum memiliki nama yang sesuai sehingga dilemparkan kepada mahasiswa untuk memberikan nama, dengan harapan dapat menampung aspirasi mahasiswa lewat pemberian nama.
Satu tahun setelah itu muncul nama bulletin publica untuk terbitan kedua pada tahun 1983. Orientasinya pun masih sama yaitu sebagai media penyalur kreativitas dan aspirasi mahasiswa Publisistik pada waktu itu, hingga berjalannya waktu setelah terbitan bulletin publica, akhirnya disepakati bahwa nama Media Publica yang akan digunakan untuk media tersebut selanjutnya. Media publica berasal dari kata media karena merupakan suatu alat penyampaian informasi dan publica karena disebarkan untuk masyarakat Moestopo dan berada di bawah naungan fakultas publisistik pada waktu itu. Hingga akhirnya nama media publica disepakati dan dipakai..

WKM AGRAWITAKA
Begitu pula Agrawitaka organisasi yang berada di posisi UKM mengatakan, telah memberikan pengabdian ke kampus. “Seperti kami peduli pada bencana Tsunami di Aceh, kami mengirim relawan dari Argawitaka. Itu pun kami membawa nama kampus dan mengharumkan nama kampus juga,” ungkap Ketua Argawitaka Didi Mochsyahridi.
Organisasi yang bergerak dibidang alam ini juga peduli dengan lingkungan internal kampus, dengan bentuk kegiatan menanam tumbuhan, mengadakan tempat sampah disekitar area pusat kegiatan mahasiswa.

DIAMMA (Media Informasi Masyarakat)
Media Informasi Masyarakat Moestopo Beragama (Diamma) adalah Unit Kegiatan Pers Mahasiswa tingkat Universitas di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta.
Berdiri pada akhir tahun 2000 dengan kegiatan awal diskusi, pelatihan dan penerbitan news letter dwi mingguan.
Penerbitan pertama Diamma terwujud pada 10 Januari 2001, yang kemudian dijadikan sebagai hari lahir Diamma. Pada tahun 2002, Diamma diakui sebagai satu-satunya UKM pers mahasiswa di tingkat universitas.
Organisasi Diamma pun melebarkan kegiatan penerbitannya dengan mulai menggarap majalah tiga bulanan, menggelar diskusi, seminar, dan workshop jurnalistik untuk kalangan internal maupun umum.
Seiring perkembangan teknologi internet dan pesatnya perkembangan media online, Diamma berupaya mengembangkan sayap agar lebih dekat dengan khalayak, khususnya civitas akademika UPDMB dengan menghadirkan Diamma.com.
 WKM PSMI (PUSAT STUDI MAHASISWA ISLAM)


WKM BOLA BASKET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar