Senin, 17 Juni 2013

Fikom Moestopo, Fakultas komunikasi Swasta Terbaik

"SEJARAH SINGKAT FIKOM UPDM(B)"

Yayasan Universitas Prof. Dr. Moestopo didirikan oleh Mayor Jenderal TNI R. Moestopo bersama keluarga pada tahun 1960, sebagai wahana pengabdian kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,  melalui bidang pendidikan. Mayor Jenderal R. Moestopo ingin membantu masyarakat  umum  agar dapat  mengenyam pendidikan tinggi, sehingga mampu memperbaiki kualitas kehidupan sendiri.
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) sebagai lembaga pendidikan tinggi, memiliki Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,  Fakultas Ekonomi dan Program Pascasarjana serta lembaga-lembaga pengabdian lainnya.
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) selanjutnya disingkat FIKOM UPDM (B) telah melewati sejarah panjang. Pada awal berdirinya 13 Desember 1964 FIKOM UPDM (B) dikenal dengan nama Fakultas Publisistik.
Pada tanggal 31 Desember 1964 melalui Surat Keputusan Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Jakarta, Nomor: 23.P/B-Swt/I/65, Fakultas Publisistik memperoleh. "Status Terdaftar". Perubahan menjadi "Fakultas Ilmu Komunikasi UPDM(B)". berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. No. 0331/0/1985 tanggal 27 Juli 1985.
Pada tanggal 15 Oktober 1988 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI,  Nomor:0501/0/1988 Fakultas Ilmu Komunikasi UPDM (B) Program Studi Ilmu Hubungan Masyarakat memperoleh "Status Diakui". Pada tanggal 21 Januari 1993 melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan R.I. No. 4/Dikti/Kep./1993, FIKOM UPDM (B) Program Studi Hubungan Masyarakat memperoleh "Status Disamakan".
Tanggal 11 Agustus 1998 melalui SK BAN  No. 001/BAN-PT/Ak-1/VIII/1998, FIKOM UPDM (B) Program Studi Ilmu Komunikasi memperoleh Akreditasi dengan peringkat B, sebelum memperoleh Akredtitasi  "A" sesuai SK BAN No. 027/BAN-PT/Ak-XI/S1/IX/2008.
Pada saat ini FIKOM UPDM (B) menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Program Studi Ilmu Komunikasi dengan tiga konsentrasi: Public Relation (HUMAS), JURNALISTIK, dan PERIKLANAN

VISI

"Terwujudnya FIKOM UPDM (B) yang unggul, berdaya saing tinggi dan bercitra positif, serta berwawasan kebangsaan".
MISI
  • Menciptakan suasana yang kondusif untuk mengembangkan kajian Ilmu  Komunikasi, sehingga memperoleh ke unggulan di bidang akademik.
  • Mengembangkan keterampilan teknis di bidang komunikasi, sehingga  mampu menjawab tantangan dan memiliki daya saing tinggi untuk merebut peluang pasar terutama pada industri komunikasi.
  • Mengembangkan FIKOM UPDM (B) sebagai Pusat Studi Ilmu Komunikasi yang modern dan tangguh, dengan tetap bercirikan wawasan kebangsaan serta jiwa kepahlawan Moestopo.


 TUJUAN
1. Sesuai dengan Visi dan Misi, Tujuan FIKOM UPDM (B) dirumuskan sebagai berikut:
Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang memiliki kemampuan teoretis dan metodologis serta kemampuan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. 
Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang memiliki kemampuan manajerial dalam menganalisis dan pemecahan masalah untuk mencapai tujuan bidang  konsentrasi yang ditekuni.

2. Tujuan Konsentrasi :
 Hubungan Masyarakat :
Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang memiliki kemampuan ilmiah dan ketrampilan teknis untuk merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi segala kegiatan di bidang Humas serta memahami pengaruhnya bagi masyarakat luas.
Jurnalistik :
Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang memiliki kemampuan ilmiah dan ketrampilan teknis untuk merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi segala kegiatan media massa serta memahami pengaruhnya bagi masyarakat luas.
Periklanan :
Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang memiliki kemampuan ilmiah dan ketrampilan teknis untuk merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi segala kegiatan di bidang periklanan serta memahami pengaruhnya bagi masyarakat luas.

Kurikulum

Kurikulum FIKOM UPDM (B) dirancang dengan beban  total  150 satuan kredit semester. Satu satuan kredit atau sama dengan 50 menit tatap muka di kelas. Kurikulum terdiri atas 5 kelompok mata kuliah, yaitu MPK, MKK, MKB, MPB dan MBB.  Keseluruhan mata kuliah mengarahkan mahasiswa agar mampu menguasai semua aspek kegiatan komunikasi.
Untuk mencapai lulus (sarjana Ilmu Komunikasi) mahasiswa diwajibkan menyusun skripsi, yang harus dipertahankan di depan sidang penguji ujian skripsi FIKOM   UPDM (B).
Kurikulum bersifat dinamis sehingga dalam kurun waktu tertentu mengalami perubahan / penyusunan dengan perkembangan kebutuhan pasar tenaga kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar